Tidur yang baik dan berkualitas

Tidur yang baik dan berkualitas


Tidur yang baik dan berkualitas,tidur adalah kebutuhan alami semua manusia,saya tidak bisa bayangkan kalau manusia itu diciptakan tanpa bisa tidur,rasanya capek sekali ya sobat.Dengan tidur kita bisa mengistirahatkan pikiran dan tubuh kita setelah seharian beraktifitas.Metabolisme tubuh kita ditata kembali dan tubuh juga memiliki kesempatan untuk meregenerasi sel - sel kulit yang mati.

Tidur yang baik dan berkualitas sangat baik untuk tubuh kita sobat,supaya di saat bangun tidur di pagi hari tubuh menjadi sehat,segar,kuat dan bersemangat chiby - chiby ha ha bau mulut.Namun sering kali di saat  bangun tidur di pagi badan terasa lemas dan  tidak bertenaga rasanya malas apalagi kalau tugas kuliah atau kantor masih menumpuk rasa nya ingin lanjut tidur lagi aja ya sobat.Kalau kondisi seperti itu sering terjadi pada sobat kemungkinan sobat tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.Kali ini saya ingin berbagi tips tidur yang baik dan berkualitas.


Banyak sekali pendapat ahli kesehatan  yang menyatakan kalau tidur yang baik dan berkualitas adalah tidur yang dilakukan 8 jam,9 jam atau lebih.Pernyataan ini sah - sah saja karena tingkat kualitas setiap orang berbeda - beda.Ada pun beberapa tips untuk mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas antara lain :

  • Matikan lampu kamar disaat tidur,atau ganti dengan lampu yang redup
  • Biasakan tidur cepat dan jangan banyak bergadang,karena kata bung Rhoma bergadang tak artinya,kalau sering bergadang sobat sungguh terlaaluuu,atau mungkin sobat pengangguran jadi sering bergadang.
  • Hindari minum minuman yang mengandung kafein,seperti kopi dan minuman penambah energi,karena itu bisa bikin sobat susah tidur.
  • Tata ruang tidur sobat agar tidak panas pastikan sirkulasi udara lancar.
  • Perhatikan kebersihan dan kenyamanan tempat tidur sobat.
  • Hindari terlalu banyak makan sebelum tidur.
  • Hindari juga tidur dalam keadaan perut lapar karena akan menggangu tidur sobat.
  • Perhatikan kebersiahan diri sobat
  • Perhatikan posisi tidur sobat,cara tidur yang baik dan sangat dianjurkan adalah tidur dengan posisi menyamping menghadap kanan dengan telapak tangan di bawah pipi atau kepala.
Waktu tidur yang baik dan direkomendasikan memang sekitar 8 jam perhari,untuk itu usahakan tidur cepat untuk mendapatkannya.Untuk menambah kebugaran tubuh kita biasakanlah untuk berolah raga setelah bangun tidur meskipun sebentar 5 - 10 menit setiap hari,hal tersebut akan menjaga kesehatan sobat sehingga sobat dapat menghadapi kerasnya hidup setiap hari,lebay sedikit ah sobat.

Demikianlah artikel mengenai tidur yang baik dan berkualitas ini mudah - mudahan dapat bermanfaat bagi sobat semua,sekian dan terima kasih.Baca juga Manfaat lari jogging di pagi hari dan sore

Artikel Terkait

Previous
Next Post »