penyakit diabetes melitus

penyakit diabetes melitus


Penyakit diabetes melitus merupakan suatu penyakit, dimana tubuh penderitanya tidak mampu secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Pada tubuh yang sehat, pankreas melepas hormon insulin yang bertugas mengangkut gula melalui darah ke otot-otot dan jaringan lain untuk menyalurkan energi.


Penyakit diabetes  merupakan gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh. Penderita diabetes tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh yang tidak dapat menggunakan insuin dengan efektif, sehingga efeknya terjadilah kelebihan gula di dalam darah. Kelebihan gula yang akut di dalam darah (hiperglikemia) ini menjadi racun pada tubuh.ini lah yang ditakutkan dari penyakit diabetes.
Sebagian glukosa yang tertahan di dalam darah itu melimpah ke sistem urine untuk dibuang melalui urine. Air kencing penderita diabetes yang mengandung gula.
Tanda dan gejala penyakit diabetes yang sering dikeluhkan pasien antara lain : sering buang air kecil dimalam hari, sering merasa haus, cepat merasa lapar, berat badan turun dengan cepat, merasa lemah dan gampang kelelahan, sering kesemutan di kaki dan tangan, penglihatan kabur, sering infeksi, keputihan, luka atau memar yang sukar sembuh (gangren), bisul, kulit kering atau gatal-gatal.
Komplikasi Diabetes
Apabila dibiarkan tak terkendali serta tanpa perawatan yang memadai, kondisi diabetes ini dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang berakibat fatal, seperti kerusakan saraf (Neuropathy), otak (cerebrovaskular), gangguan mata (retinopathy), penyakit jantung (kardiovaskular), penyakit ginjal (nefropathy), impotensi, gangguan pencernaan, komplikasi di mulut (gigi mudah lepas), mudah terinfeksi, kelainan kulit (gatal-gatal biasanya di sekitar kemaluan) dan luka membusuk (gangren).

Penyebab Penyakit Diabetes

Penyakit diabates tidak akan terjadi jika kadar gula darah di dalam tubuh dapat di atur hingga stabail atau tidak naik terlalu tinggi. atau penyakit diabetes juga tidak akan terjadi jika kondisi organ pankreas sehat dan tidak mengalami kerusakan. dan hal itu ada terjadi oleh siapapun karean ada nya faktor yang mendukung nya. oleh sebab itu berikut penyebab diabetes bisa terjadi karena faktor seperti di bawah ini :
  • Kurang gerak
  • Obesitas
  • Usia
  • Gaya hidup
  • Asupan makanan

Gejala Penyakit Diabetes

Gejala penyakit diabtes dapat di ketahui dengan mudah, karena gejala diabetes selain dapat di rasakan oleh penderita nya juga akan mudah untuk di lihat oleh orang lain atua pun dokter. dan gejala diabetes yang mungkin terjadi ada di bawah ini :
Selain gejala yang ada diatas, ada juga beberapa penyakit gejala diabetes ini. Dan berikut adalah gejalanya :
  • Lemahnya fungsi saraf
Salah satu penyakit gejala diabetes ini adalah bisa terjadi lemahnya fungsi pada saraf. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit diabetes ini datang dan muncul. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit diabetes atau kencing manis tidak mudah menyerang pada tubuh atau badan Anda, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya, jika telat dalam penanganan atau tindakan.
  • Lapar yang sangat mudah terjadi secara terus menerus
Salah satu penyakit gejala diabetes adalah bisa menimbulkan lapar yang mudah terjadi secara terus menerus. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit diabetes atau kencing manis. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak mudah menyerang pada Anda, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya, jika telat dalam penanganan atau tindakan.
  • Buramnya penglihatan
Salah satu penyakit gejala diabetes adalah buramnya penglihatan terhadap sesuatu apapun. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit diabetes ini terjadi. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak mudah terjadi pada diri Anda, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya, jika tidak segera diatasi atau di tangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
  • Turunnya berat badan
Salah satu penyakit gejala diabetes selanjutnya adalah bisa menyebabkan turunnya berat badan. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit diabetes atau kencing manis ini datang. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya, jika tidak segera diatasi atau di tangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
  • Meningkatnya nafsu makan
Salah satu penyakit gejala diabetes adalah dengan meningkatnya nafsu makan. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini, tidak mudah menyerang pada diri Anda, yang pada intinya, penyakit ini bisa berbahaya, jika telat dalam penanganan atau tindakan.

  • Warna kulit mengalami perubahan
Jika di sekitara kulit leher memiliki warna hitam seperti hal nya ulit yang kotor, dan walupun telah di bersihkan tidak mengalami perubahan maka hal itu merupakan gejala penyakit diabetes yang bisa terjadi. Karena ada nya peningkatan gula darah yang terlalu tinggi akan berpengaruh pada warna kulit.
  • Terjadi infeksi
Tubuh yang sering terinfeksi oleh virus hingga kuman dan bakteri juga bisa dialami pada saat gejala diabetes. Infeksi yang paling sering terjadi pada mulut, sehingga gusi akan sering terluka atau mengalami masalah. infeksi pada salura kemih juga dapat dialami pada saat gejala diabetes. Karena pada gla diabetes kekebalan daya tahan tubuh akan menurun dan akibat nya tubuh tidak kuat terhadap serangan virus dari luar tubuh.
  • Proses penyembuhan luka yang lama

Jika penderita diabetes memiliki luka yang ringan atau pun luka yang parah, makan akan sulit untuk di sembuhkan. Bahkan luka yang ada bisa menjalar ke organ tubuh yang lain nya.


  • Kesemutan
Kesemutan pada tangan dan juga kaki juga isa sering dialami pada gejala diabetes. Hal ini dikarenakan oleh ada nya gangguan pada aliran darah di dalam tubuh sehingga kesemutan dapat berlangsung lama.Semua tanda tanda penyakit diabetes tersebut bisa saja anda alami tanpa ada sadari. 
Selain dengan gejala diabetes ini, ada juga makanan penyebab diabetes. Dan makanannya seperti makanan yang berlemak tinggi, salah satunya adalah daging. Makanan inilah yang harus di hindarkan dari penyakit diabetes, agar penyakit ini tidak mudah kambuh dan datang, yang pada intinya penyakit ini, bisa bahaya, bila tidak segera diatasi atau di tangani dengan penanganan yang tepat dan cepat.
Penyakit diabetes bisa di obati dengan obat yang alami, biasanya obat - obatan ini sangat mujarab untuk menyembuhkan penyakit diabetes melitus ini. Dan biasanya obat penyakit diabetes adalah obat obat yang alami dan herbal, yang tidak memiliki efek samping sama sekali dalam penggunaannya. Salah satunya adalah bisa dengan menggunakan buah mengkudu, yang cara penggunaannya di rebus, yang di tambahkan dengan sedikit madu asli di dalamnya.
Bahan bahan tradisional ini memiliki berbagai macam cara untuk mengolahnya. Ada yang mengolahnya dengan cara di rebus, ada yang di tumbuk, ada yang di jus, serta juga ada yang dimakan secara langsung. Cara ini sesuai dengan jenis bahan bahan apa yang di gunakan, serta juga sesuai dengan selera Anda masing masing. 
Demikianlah artikel mengenai penyakit diabetes melitus ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca,terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »