Manfaat lari jogging di pagi hari dan sore

MANFAAT LARI JOGGING DI PAGI HARI DAN SORE


manfaat jogging di pagi hari


 Manfaat lari jogging di pagi hari dan sore. Jogging  adalah olahraga bentuk berlari atau berjalan pada kecepatan lambat atau santai. Tujuan utama adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik dengan lebih sedikit stres pada tubuh daripada dari berjalan lebih cepat, atau untuk mempertahankan kecepatan stabil untuk waktu yang cukup lama. Dilakukan jarak jauh, itu adalah bentuk pelatihan daya tahan aerobik.

Jogging juga dapat dikatakan berjalan pada kecepatan yang lembut. Definisi joging dibandingkan dengan berjalan tidak standar. Salah satu definisi menjelaskan joging sebagai berjalan lebih lambat dari 6 mil per jam (10 km / jam). 

Jogging juga dibedakan dari cara berjalan dengan memiliki jarak lateral yang lebih luas dari gerakan kekuatan kaki, menciptakan gerakan sisi ke sisi yang mungkin menambah stabilitas pada kecepatan lebih lambat atau ketika tidak ada koordinasi.

Manfaat Jogging.

  • Menurut sebuah studi oleh Stanford University School of Medicine, jogging efektif dalam meningkatkan umur manusia, dan mengurangi efek penuaan, dengan manfaat bagi sistem kardiovaskular. Jogging berguna untuk memerangi obesitas dan tetap sehat.
  • The National Cancer Institute telah melakukan penelitian yang menunjukkan joging dan jenis-jenis latihan aerobik dapat mengurangi risiko paru-paru, usus besar, payudara dan kanker prostat, antara lain. Hal ini disarankan oleh American Cancer Society bahwa jogging selama setidaknya 30 menit lima hari seminggu dapat membantu dalam pencegahan kanker.
  • Sementara jogging di treadmill akan memberikan manfaat kesehatan seperti pencegahan kanker, dan membantu dalam penurunan berat badan, sebuah studi yang dipublikasikan di BMC Public Health melaporkan bahwa joging di luar ruangan dapat memiliki manfaat tambahan dari peningkatan energi dan konsentrasi. Jogging di luar ruangan adalah cara yang lebih baik untuk meningkatkan tingkat energi dan suasana hati terlebih dahulu daripada menggunakan treadmill di gym.
  • Jogging juga mencegah otot dan tulang kerusakan yang sering terjadi dengan usia, meningkatkan kinerja jantung dan sirkulasi darah dan membantu dalam melestarikan berat badan seimbang.
  • Jogging dapat digunakan sebagai metode untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau untuk menyediakan sarana latihan kardiovaskular tetapi dengan lebih sedikit stres pada sendi atau menuntut pada sistem peredaran darah.
  • Jogging juga mampu melatih pikiran yang baik. Ketika Anda menemukan rintangan, maka Anda akan belajar untuk fokus dan menjadi lebih tepat untuk menyingkirkannya. Jogging Tidak hanya akan membuat tubuh  mendapatkan kekuatan fisik,  tetapi Anda juga akan mendapatkan ketahanan mental. Salah satu dari manfaat jogging yang jarang diketahui orang adalah perbaikan sikap. Jogging akan membuat tubuh memproduksi hormon yang disebut endorfin, yitu hormon yang akan memberikan rasa bahagia. Oleh karena itu, jogging seringkali digunakan sebagai cara efektif untuk memerangi depresi klinis yang sangat lama.
  • Membantu menurunkan berat badan,Tak bisa disangkal lagi jika rutin jogging akan membuat cepat tercapainya program penurunan berat badan seseorang. Karena jogging akan meningkatkan metabolisme dan akan membakar kalori dengan cepat.
    Jika Anda telah berusaha sangat keras untuk menyingkirkan lemak perut dan tidak berhasil, maka Anda harus mencoba untuk joging secara rutin. Jogging merupakan latihan pembakaran lemak yang baik, bahkan sebagian besar menargetkan lemak pada perut, sehingga mengurangi lemak di sekitar pinggang, pinggul dan perut. Jogging bisa dianggap juga sebagai latihan terbaik dan efektif untuk pengikisan lemak tertimbun dalam perut.

Teknik Jogging

Meskipun terlihat mudah, joging punya aturan-aturan agar joging yang kita lakukan bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Berikut ini cara-cara melakukan joging yang benar agar Anda juga terhindar dari cedera.



- Wajah: Pandangan lurus ke depan, tidak menunduk, tidak mendongak.

- Bahu: Rileks, jangan diangkat.

- Siku: Ditekuk secukupnya, sekitar 90 derajat, tangan jangan dibiarkan lurus menggantung.

- Jari-jari tangan: Menggenggam santai, ditekuk, tidak dilepas.

- Lengan: Mengayun mengikuti gerakan tungkai kaki saat berlari, dan ayunan sejajar dengan pinggang. Gerakan lengan ini untuk menyeimbangkan tubuh agar tidak jatuh. 
Pada joging, seperti halnya lari, ada fase melayang, yakni ketika kedua kaki bersamaan tidak menyentuh tanah. Ketika salah satu kaki menyentuh permukaan tanah dan satu kaki masih melayang, tubuh mengalami perubahan keseimbangan, sehingga dikompensasi dengan gerakan lengan agar tidak jatuh ke kiri atau kanan.



- Badan termasuk punggung: Tetap lurus, tidak tegap.

- Tungkai: Saat kaki menapak tanah, bagian tumit mendarat lebih dulu, kemudian tengah kaki, disusul ujung kaki. Telapak kaki tidak mendarat secara bersamaan.

- Jari kaki: Menghadap ke depan, tidak ke luar ke dalam. Ini untuk mencegah terjadinya cedera di tumit, pergelangan kaki, dan lutut.



- Pernapasan: Diatur agar tetap nyaman. Apabila napas mulai terasa berat, kurangi kecepatan lari. Dua langkah tarik napas melalui hidung, dua langkah buang napas melalui mulut. Pengaturan pernapasan ini penting untuk mencegah terjadinya nyeri di bawah iga.

Demikianlah artikel mengenai manfaat lari jogging di pagi hari dan sore mudah - mudahan bermanfaat bagi kita semua,terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »